Rabu, 12 Juni 2013

TAWAS (Batu Kristal) BAHAN DASAR DEODORANT

Nama ilmiah tawas adalah potassium alum sulfide, Potassium alum, potash alum, or potassium aluminum sulfate adalah senyawa kimia: sulfat ganda kalium aluminium. Rumus kimia adalah KAl (SO4) 2 dan umumnya ditemukan dalam bentuk dodekahidrat sebagai KAl (SO4) 2.12 (H2O).
Alum adalah nama umum untuk senyawa kimia ini, mengingat nomenklatur kalium aluminium sulfat dodekahidrat. Hal ini umumnya digunakan dalam pemurnian air, penyamakan kulit, pencelupan, Tekstil tahan api, dan baking powder. Ia juga memiliki kegunaan kosmetik sebagai deodoran, sebagai pengobatan aftershave dan sebagai obat penahan darah untuk pendarahan kecil dari cukur. Sumber : http://en.wikipedia.org/wiki/Potassium_alum

Pada dasarnya tawas memang digunakan sebagai bahan penghilang bau badan. Tawas berbentuk Kristal dan mempunyai sifat menguatkan warna juga bisa dimanfaatkan sebagai penjernih air. Didalam tawas tidak terkandung racun yang dapat merugikan kesehatan, sehingga banyak orang yang memanfaatkan tawas ini baik dalam hal industri maupun dalam kehidupan keluarga. Banyak sekali manfaat dari tawas tersebut, diantaranya adalah untuk menjernihkan air sumur, penghilang bau badan, obat sariawan, penghilang lumut dan juga dimanfaatkan sebagai obat penyakit kulit. Bukan itu saja, masih banyak pemanfaatan dari tawas tersebut. Semua bunda bisa mempelajari lebih dalam mengenai kandungan yang ada di tawas dan mencari informasi manfaat dan kegunaan tiap kandungan tersebut.

Tawas adalah semacam batu yang dulu dipakai oleh nenek moyang kita untuk menghilangkan bau ketiak. Jadi, fungsinya ya seperti deodorant yang beredar di pasaran itu Berhubung ini bahan alami, selain hilangnya bau ketiak yang menyengat, ketiak kita juga tidak akan terasa panas pada saat memakainya serta dijamin permukaan ketiak tidak akan tambah gelap. 

Mungkin kesannya kuno banget ya pake tawas? Siapa bilang kuno? Kita saja yang sok modern dan menganggap budaya warisan tradisi itu sebagai hal yang ketinggalan jaman. Sekedar informasi, di Amerika sana ada satu perusahaan yang khusus memproduksi tawas sebagai deodorant. Hebatnya lagi perusahaan ini tidak hanya melayani pembeli dari AS saja, tapi juga seluruh dunia. Tidak hanya di Amerika lho bun, Indonesia juga punya produk yang menggunakan tawas sebagai bahan dasar deodorant. Betul bahwa potassium alum sulfide terkandung dalam Crystal-X (Feminine Hygiene) dan Grece Anti Perspirant (Penghilang bau Badan). Maaf ya bunda semuaa bersambung ..


1 komentar:

  1. "Hi! .. Salam kenal semuanya, nama saya Anggi dari Bali. Selama saya berkunjung di website ini,saya menemukan banyak artikel yang bermanfaat, yang memang saya cari sebelumnya. Terima kasih admin, dan semuanya."

    Crystal X Asli Nasa Ampuh Atasi Keputihan dan Mujarab

    BalasHapus