Minggu, 12 Mei 2013

Bagaimana Memilih Makanan Yang Sehat untuk Keluarga Anda


Dr. Musthafa Abdurraziq Naufal, Ketua Jurusan Gizi Makanan di Universitas Al-Azhar mengemukakan 3 saran dan tips yang bisa membantu anda dalam memilih makanan yang sehat secara tepat.
Pertama, pilih makanan yang rendah lemak. Kadar lemak yang dibutuhkan seseorang dalam sehari bergantung pada kadar energi yang dibutuhkannya. Kadar higienis lemak pada makanan yang memberikan 1.600 kalori adalah sekitar 55 gram saja. Sedangkan makanan yang memberikan 2.000 kalori kadar lemaknya tidak boleh melebihi 65 gram.
Ada juga istilah kolesterol, yaitu bahan yang mirip dengan lemakdan terkandung dalam semua jenis makanan hewani seperti daging, ayam, ikan dan susu beserta produk-produknya, begitu juga dalam kuning telor. Sementara itu, makanan nabati tidak mengandung kolesterol sama sekali. Sebagian lembaga kesehatan merekomendasikan agar kadar kolesterol dalam makanan yang dikonsumsi seseorang dalam sehari jangan sampai melebihi batas 300miligram,, bahkan dianjurkan untuk dibawahnya.

Kedua, pilih makanan yang bisa menjaga berat badan yang sehat dan proporsional. Caranya dengan menjaga keseimbangan antara kadar kalori yang terkandung dalam makanan dan energi yang dibutuhkan dalam aktifitas sehari-hari. Hal itu demi menekan resiko terkena tekanan darah tinggi, lever, beberapa tumor, dan penyakit gula. Kita bisa menghitung kebutuhan jumlah kalori ynag dibutuhkan tubuh. Kalori yang dibutuhkan tubuh = kg berat badan x 22 (bagi perempuan), kg berat badan x 24 (bagi laki-laki).

Ketiga, konsumsi garam makan dan komposisi sodium secara berimbang tanpa berlebihan ataupun kekurangan. Hal tersebut membantu menurunkan resiko terkena tekanan darah tinggi. Berdasarkan saran ini, perlu kiranya dilakukan pengurangan konsumsi garam makan dan menu-menu makanan bersodium dosis tinggi yang terkandung misal dalam daging sintetis, sosis keju, sebagian besar makanan dan minuman kaleng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar