Senin, 06 Mei 2013

Sunnah-Sunnah Fitrah

Sunnah-sunnah fitrah sering disinggung oleh Rasulullah saw. Lebih dari sekali, diantaranya hadits riwayat Al-Bukhari dari Abu Hurairahr.n, ma., tuturnya, “Rasulullah saw. Bersabda,’ ada 5 hal yang termasuk fitrah (setiap manusia): khitan, memangkas bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, dan mencukur kumis.’ ”
Hadits senada diriwayatkan oleh Muslim dari Aisyah r.a., tuturnya “ Rasulullah saw. Bersabda ,’ada sepuluh hal yang termasuk fitrah: mencukur kumis, memanjangkan jenggot, bersiwak, menghirup air (ke dalam rongga hidung), memotong kuku, membasuh sela-sela jari, mencabut bulu ketiak, memangkas bulu kemaluan, dan membersihkan diri dengan air (setelah buang air) berarti istinja.
Enam Sunnah Fitrah :

A.  Sunnah Fitrah Pertama Memangkas Bulu
Diriwayatkan dari Anas bin Malik r.a.. tuturnya,”Rasulullah saw. bersabda,’Telah ditentukan batas waktu bagi kita untuk mencukur kumis, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan memangkas rambut kemaluan; jangan sampai kita membiarkannya lebih dari empat puluh malam’.” (H.R. Muslim)
B.   Sunnah Fitrah Kedua Membersihkan Diri dengan Air
Diantara sunnah fitrah yang menjadi kewajiban dasar manusia adalah menghirup air ke hidung dan berkumur. Keduanya termasuk sunnah-sunnah wudhu. Akan tetapi, hal tersebut dianjurkan pula untuk dilakukan di luar wudhu ketika hidung kotor akibat debu-debu jalanan atau ketika bau mulut mulai berubah karena satu dan lain penyebab.
C.   Sunnah Fitrah Ketiga Menggosok Gigi (Siwak)
Orang bijak mengatakan, kesehatan badan bermula dari gigi. Para dokter pun sepakat bahwa sebagian besar gangguan pada gigi disebabkan oleh sisa-sisa makanan. Mereka menyarankan untuk menggosoknya dengan sikat gigi setiap habis makan, ditambah satu kali sebelum tidur dan satu kali lagi setelah bangun tidur.
D.  Sunnah Fitrah Keempat Memotong Kuku
Kuku merupakan salah satu pilar kecantikan dan keelokan yang menuntut perhatian ekstra. Kuku juga memegang peran penting dalam melindungi ujung-ujung jari, baik jari tangan maupun kaki.
E.   Sunnah Fitrah Kelima Khitan
Diriwayatkan dari Abu Al-Malih bin Usamah, dari ayahnya bahwasannya Rasulullah saw bersabda,” Khitan wajib bagi laki-laki dan menjadi kehormatan bagi perempuan.” (H.R. Ahmad)
Meski wajib bagi laki-laki, khitan merupakan sesuatu yang mubah bagi kaum perempuan sebab tidak ada nash tegas dari Rasulullah saw. yang memerintahkan ataupun melarang hal ini.
F.   Sunnah Fitrah Keenam Merawat Rambut
Diriwayatkan dari Abu Hurairah r.a. bahwasannya Rasulullah saw. bersabda,” barang siapa yang memiliki rambut maka hendaklah ia memuliakannya.” (H.R. Abu Dawud)
Rambut juga merupakan perhiasan yang diperintahkan Allah untuk tidak ditampak-tampakan kecuali pada mahram. Allah swt berfirman, “Dan janganlah mereka menampakan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) tampak dari mereka.” (Q.S. An Nur, 24:31) 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar